SOP FOTOGRAFER, VIDEOGRAFER, DAN CREW

  • OPERATIONAL
1. Peralatan sudah di Charge Penuh dan siap digunakan di Hari H.
2. Tim Eternize Wajib tiba dilokasi acara 2 jam sebelum acara dilaksanakan.
3. Leader tim harus lapor ke client dengan cara menemui atau menginfokan ke pihak keluarga bahwa tim Eternize sudah tiba di lokasi.
4. Crew mencari tempat yang aman untuk menyimpan alat (tidak jauh dari Pelaminan)
5. datang ke lokasi wajib sarapan/ ngopi dan langsung shoot details .
6. Dresscode yang sama dengan tim (kordinasikan di group)
7. Dilarang makan, merokok / vape dan mengoperasikan handphone di depan stage utama (jika lelah gantian ke belakang).
8. Tidak membicarakan pengantin, keluarga pegantin maupun tamu undangan di lokasi acara
ataupun photo yang aneh-aneh ( karena file langsung di kasih ).
9. Fotografer dan videografer serta crew harus saling komunikasi untuk menghindari blocking dan framing

  • SOP FOTO ETERNIZE
1. Samakan settingan Tanggal dan color profile kamera foto dan JPG.
2. Gunakan settingan STANDARD (Untuk Nikon), NETRAL (Untuk Canon).
3. Saturation dan contrast set to LOW (Untuk nikon), untuk Canon (Saturasi -1,contrast -1).
4. Settingan di stage / pelaminan dengan 2 flash (bouncing).
5. Hasil foto jangan sampai terlalu gelap/ terlalu kuning.
6. Istilah dasar Main & Insert
  • Main : Framing secara keseluruhan, wajah pengantin terlihat
  • Insert : fokus ke suatu objek tanpa memperlihatkan wajah, misal pemasangan cincin, ttd buku nikah
7. Ketika beauty shoot wajib ada PORTRAIT dan LANDSCAPE
8. Pastikan hasil foto sudah fokus.
9. Tidak photo aneh-aneh di kamera ( karena file photo di berikan langsung ke klien ).
10. Tidak boleh photo group sambil duduk, ketika kosong boleh.

*for Freelance
backup memori ke hardisk Pribadi selama 1 Bulan

  • SOP VIDEO
1. Format video PAL, XAVCS
2. Frame rate minimal 50 fps kalo untuk slow mo 100 Fps
3. Setting neutral -1 -1 -1 , picture profile off
4. Samakan settingan tanggal
5. WB Menggunakan Kelvin atau menyesuaikan (yang penting gak kuning gak biru / Netral)
6. Resolusi di 1080 px
7. Ambil video testimoni teman dekat, tamu VIP, bridesmaid dan pengantin. minimal 3.


*for Freelance
backup memori ke hardisk Pribadi selama 1 Bulan

  • SOP CREW
1. Mempersiapkan Sarapan (apabila standby jam set 6)
2. Membantu Photographer dan Videographer
dalam mempersiapkan alat yang akan di pakai
2. mengambil Kebutuhan details ( baju, undangan dll) di ruangan pengantin
3. Menjaga Barang ketika Team FG & VG Sedang Bertugas ( Jangan sampai tidak ada yang menjaga ) kalau mau ke toilet cari waktu santai dan gantian dengan team FG/VG untuk menjaga
4. Mencharge Baterai yang habis
5. Membawa Laptop & Hardisk minimal storage kosong 100GB / event ( Pastikan tidak ada Virus )
6. Membantu team merapihkan Alat setelah acara
7. Wajib Membackup Photo, Video dan Audio di Lokasi dengan format Folder :
( DD/MM/YY - Nama Klien berdua )
PHOTO
( Photographer 1 - Nama FG )
( Photographer 2 - Nama FG )
VIDEO
( Videographer 1 - Nama FG )
( Videographer 2 - Nama FG
AUDIO
Langsung Copy file
8. Jika sudah Backup, Pastikan tidak ada barang ketinggalan di crosscheck kembali
9. Jika klien Bawa Hardisk/ Laptop
Copy semua RAW PHOTO ke klien ( Pastikan tidak ada photo aneh2 ) *di hapus dlu
10. Wajib Langsung Menuju Kantor dan tidak di tunda tunda.

  • MATERI FOTO / VIDEO YANG HARUS DI AMBIL
1. Dekorasi venue kosong (main & detail, detailnya bisa bunga, kursi, dll)
2. Welcome sign, janur, tampak depan venue (main & detail)
3. Meja akad (main & detail)
4. Cincin, mahar, busana, sepatu, aksesoris, dll (main & detail)
5. Kalung melati CPP
6. Buku Nikah (main & detaill, misal hlm pas foto)
7. Hand Bouquet (main & detail)
8. Mobil pengantin (main & detail)
9. Undangan (main & detail)
10. Henna pengantin
11. Catering (menu makanan & dekorasi catering) 12. Bridesmaid / Groomsmen ( jika ada )
13. foto keluarga, ortu, saudara kandung, dan pengantin. Jangan hanya fokus ke pengantin semata
14. Beauty shoot akad sendiri & berdua
15. Shoot Mc & Entertainment

  • MATERI FOTO SAAT MOMENT AKAD
1. Kedatangan CPP & rombongan besan
- CPP diapit ortu
- Ortu CPW dan rombongan
- Juru bicara kedua keluarga
- Pengalungan melati dari Ibu CPW terhadap CPP - CPP diapit ortu CPW dan dibawa ke meja akad
2. Suasana Meja Akad
- Potret penghulu, wali, saksi-saksi
- Pembaca qur’an dan sari tilawah
- Prosesi ijab qobul CPP & WALI (wajib ada insert jabat tangan)
- Ekspresi haru keluarga
3. Sungkeman
-Ekspresi pengantin & ortu harus dapet dua-duanya, jangan terlalu fokus dengan pengantin
4. Photo 6 -4 -4 - 2
5. Prosesi Adat (Jika ada).

  • MATERI FOTO SAAT MOMENT RESEPSI
1. KIRAB
Brief Pengantin
- liat Kamera (1 jari)
- liat liatan (2 jari)
- dadah dadah (3 jari)
2. Photo 6-4-4 2
3. Photo Group
4. Jika ada FG ke 2 ( Mobile / Gantian )
5. Beauty Shoot baju ke 2 berdua dan sendiri

*Note penting
💻 Backup data on location sebelum meninggalkan venue di laptop / Hardisk
📒 Crew mengecek kembali peralatan yang dibawa sebelum meninggalkan venue ( cek form alat )
☺️🙏Pamit kepada pengantin, mengucapkan terima kasih.
SELAMAT BERTUGAS….!!!