7 Hal Yang Pertama Kamu Lakukan Saat Merencanakan Pernikahan

7 Hal Yang Pertama Kamu Lakukan Saat Merencanakan Pernikahan



7 Hal Yang Pertama Kamu Lakukan Saat Merencanakan Pernikahan


Kekasih sudah melamar? Waduh senangnya brides! Sambil menikmati momen pertunangan, pasti deh deretan rencana persiapan pernikahan mulai bergulir di balik benak kalian. Gimana sih caranya mempersiapkan pernikahan? Ini dia 7 hal pertama dan paling penting yang harus kamu lakukan saat merencanakan pernikahan :

1. Menentukan Estimasi Tanggal Pernikahan
Setelah bertunangan, pasti pasangan mulai dibanjiri pertanyaan terpenting “ Kapan hari H-nya?”. Sesungguhnya, pasangan pasti belum bisa menjawab dengan pasti, tetapi kalian sudah mulai bisa punya bayangan atau estimasi yang cocok untuk kalian berdua.Jadi pertama- tama, tentukan dulu estimasi dengan batas- batas tanggal tertentu yang ideal. Umumnya masa pertunangan bisa berlangsung selama 12-15 bulan, walaupun banyak yang tidak mau menunggu lebih lama dari 6 bulan. Ini semuanya tergantung preferensi pribadi saja.

2. Tentukan Konsep & Pilihan Venue Pernikahan
Jangan buru-buru memikirkan soal wedding dress, karena yang terpenting adalah visi dan venue acara pernikahan. Keduanya adalah gambaran besar tentang acara pernikahan nantinya, jadi tentukan tema seperti misalnya outdoor, modern, klasik, dsbnya.Untuk venuenya sendiri, tidak perlu langsung ditentukan secara pasti. Tetapi tidak ada salahnya mulai mendata beberapa venue incaran sekaligus mencari informasi harga.

3. Menentukan Budget
Nah, dari venue dan tema itu nanti, pasangan akan semakin punya gambaran angka yang lebih jelas. Kalian pun akan mulai bisa menentukan budget yang mampu dikeluarkan. Disarankan agar pasangan saling berdiskusi untuk menyesuaikan antara ekspektasi dan realita, supaya semuanya berjalan sesuai dengan planning untuk pernikahan yang paling diidam- idamkan.

4. Menyeleksi Tamu Undangan
Daftar hadir tamu bisa jadi salah satu bagian yang paling pelik, tetapi wajib dilakukan supaya pernikahan berlangsung tanpa kejadian yang tidak terduga. Batasi dari mulai jumlah undangan, dan lalu mulai pendaftaran nama dari pihak yang wajib hadir seperti keluarga inti, kerabat dekat, baru bergeser ke teman atau rekan kerja dan sebagainya.

5. Mengurus Dokumen Pernikahan
Cari tahu juga tata cara mengurus dokumen pernikahan supaya perkawinan menjadi sah di mata hukum. Cara mengurus dokumen pernikahan ini erat kaitannya dengan agama yang dipeluk pasangan, jadi sudah menjadi PR bagi kalian untuk bertanya kepada pengurus setempat dan meminta advis untuk proses pengurusan dokumen pernikahan yang tepat.

6. Wedding Planner & Vendor
Untuk pasangan yang menggunakan jasa wedding planner, saatnya untuk mulai menentukan siapa yang akan membantu proses pernikahan kalian nantinya. Dan untuk kalian yang berencana untuk melangsungkan pernikahan tanpa wedding planner, saatnya mulai menghubungi vendor- vendor acara, termasuk venue, katering, dekorasi sampai yang mengurus acara foto- foto baik prewedding atau dokumentasi nantinya.

7. Hunting Wedding Dress atau Kebaya
Jangan terlalu lama menentukan pilihan wedding dress, terlebih jika kalian berniat untuk membuat atau mendesain wedding dress impian. Boleh dibilang, bagian ini adalah yang paling menyenangkan bagi kaum hawa tetapi jangan sampai lupa membantu pasangan pria untuk mencari jas pengantin yang cocok untuk dia juga yah.





























Blog Post Lainnya
Social Media
Contact Us
081283111927
eternize.id@gmail.com
Our Partner
© 2018 Eternize